Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air yang Perlu Diketahui

Cacar air alias yang disebut dengan varisela biasanya diderita anak-anak yang usianya di bawah 10 tahun. Tetapi terkadang penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Orang yang sempat mengalami cacar air, selanjutnya tak bakal tertular lagi.

Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air yang Perlu Diketahui

Penyakit cacar air ditandai dengan munculnya ruam-ruam pada kulit yang kemudian berubah menjadi bintil berwarna merah berisi cairan dan terasa sangat gatal. Cacar air selanjutnya bakal kering dan menjadi koreng lalu terkelupas. Prosesnya memakan waktu 7 hingga 14 hari. Bagian tubuh yang bisa ditumbuhi cacar air merupakan belakang telinga, wajah, kulit kepala, tangan, dan kaki.

Pengobatan penyakit yang dikarenakan virus varisela zoster ini tak memerlukan penanganan khusus. Dengan cara umum, tujuan pengobatan merupakan untuk mengurangi gejala semacam gejala gatal. Obat yang biasa digunakan untuk menangani cacar air merupakan parasetamol yang berkegunaaan untuk menurunkan demam dan losion alias bedak untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.

Tetapi tak semua anak yang terkena cacar air bisa sembuh otomatis tanpa penanganan medis. Apabila cacar air terjadi pada anak, sebaiknya bawa ke dokter dan waspadai munculnya infeksi pada bintil-bintil kulit alias apabila anak mengalami kesusahan bernafas dan sakit dada.

Biasanya orang dewasa yang mengidap cacar air mempunyai gejala lebih parah dan mempunyai risiko lebih tinggi mengalami komplikasi. Obat antivirus bisa manjur dalam mengobati cacar air pada orang dewasa apabila diberbagi di bagian awal. Cacar air pada bayi baru lahir, perempuan hamil, dan orang yang mempunyai system kekebalan tubuh lemah juga rentan terkena komplikasi. Sebelum cacar air terjadi, penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi. Di tanah air, cacar air terbukti tak masuk ke dalam daftar imunisasi harus untuk anak tetapi dianjurkan.

Gejala penyakit cacar air yang paling umum merupakan berupa ruam merah yang timbul di seluruhtubuh. Tetapi ada pula gejala lain yang bisa dialami sebelum ruam timbul diantaranya merupakan sakit kepala, demam, rasa mual hingga tak nafsu makan, kelelahan, dan rasa sakit pada otot. Gejala di atas umumnya terjadi pada penderita dewasa dibandingkan anak-anak. Ruam yang gatal bakal timbul seusai gejala di atas terjadi. Tetapi tak semua pengidap mengalami gejala yang sama.

Tentang ruam, biasanya bakal melewati tiga bagianan yakni ruam menjadi bentol kecil-kecil yang sangat gatal, kemudian bentol tersebut berisi cairan yang tak kalah gatal, selanjutnya seusai satu alias dua hari, bintil bakal mengering dan menjadi koreng jadi mengelupas sendiri.

Segera hubungi dokter apabila saat mengidap cacar air tersedia gejala yang tak biasa semacam sakit dada, susah bernafas, mulut kering, jarang buang air kecil, dan kulit di kurang lebih bintil terasa perih dan berwarna kemerahan sebab infeksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui Posisi Duduk Yang Benar Agar Tulang Belakang Sehat

Teofilin Obat Untuk Meredakan Gangguan Pernafasan di Apotek

Tips Diet Sehat Yang Aman Dilakukan Untuk Ibu Menyusui